Menkeu Sampaikan Bantuan Gempa Lombok

By Admin

nusakini.com--Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mewakili seluruh jajaran Kementerian Keuangan memberikan bantuan yang berasal dari para pegawai Kemenkeu. Total bantuan yang telah dikumpulkan mencapai satu milyar rupiah.  

Hal itu dilakukannya saat mengunjungi salah satu desa yang terkena bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (23/08). Tiba di desa Jeringo, Menkeu berbicara dengan Sahril selaku Kepala Desa Jeringo, Gunung Sari, Lombok Barat untuk mendengar laporan kerusakan. Saat ini, terdapat sekitar 800 rumah rusak akibat gempa dan 2.734 warga yang terkena dampak gempa. 

"Bagus, Pak Kades sudah menginventarisir kerusakan. Laporannya saya terima. Peranan masyarakat juga sangat penting," ungkap Menkeu kepada Kepala Desa dan beberapa warga yang hadir di halaman kantor Kepala Desa Jeringo. 

Seusai bertemu dengan Kades, Menkeu mengunjungi tenda pengungsian warga untuk berbincang dengan ibu-ibu serta anak-anak. Mereka bercerita mengenai kejadian gempa dan kondisi saat ini.  

"Ibu-Ibu, tadi Bapak Kades sudah melaporkan kerusakan. Bapak Presiden menyampaikan, rumah dengan kerusakan berat akan mendapat bantuan 50 juta, sedang 25 juta, dan ringan 10 juta," jelasnya. 

Menkeu berpesan agar dana bantuan tersebut dipergunakan sesuai peruntukannya, yaitu membangun kembali rumah yang rusak. Selain itu, ia juga mengingatkan agar kegiatan pembangunan dapat dilakukan dengan bergotong-royong. (p/ab)